. Shin Hyo Woo: Karya Cerpen Siti Arfidah,,,,,...>>!!

Jumat, 09 Desember 2011

Karya Cerpen Siti Arfidah,,,,,...>>!!


GUUBBRAAKK….!!!

“ Kriiiiiiiiiiiiiinnngg…. Kriiiiinnnggg… kriiiiingggg….!!!???!!”
Huuuuh… berisik banget, emang jam berapa sih weker udah teriak-teriak gitu. Ku angkat kepalaku dan melirik weker berbentuk gitar pemberian kakak tersayangku, mas Ulil. “ ALAMAAAKKK… udah jam setengah enam!!! Bangun ooiii… udah siang!! Kita belum salat subuh!!” teriakku seraya membangunkan Nisa, teman sekamarku. Kami pun langsung berlari menuju kamar mandi. Heboh Banget...
Selesai salat subuh, aku mempersiapkan buku-buku mata kuliahku hari ini, karena semalam aku lembur mengerjakan tugas Bahasa inggris sehingga aku tidak sempat menyiapkan buku-buku tebal itu. “ Psikologi agama.. Kelompok berapa ya yang presentasi hari ini?” gumamku seraya  mencari silabi mata kuliah bapak Syahrul Khan,  itulah julukan yang diberikan teman-temanku untuk Pak Ahmad yang katanya mirip dengan  Syahrul Khan. Sarungan kalii,hehe..
Haaaaa,,,, kagak salah??? Materi hari ini Perilaku Menyimpang dalam Keagamaan!! Mati gue..!!!” cerososku panik karena  aku baru menyadari bahwa hari ini kelompokku presentasi, sedangkan materi presentasi satu pun belum aku persiapkan. Dodol
Kenapa tho mbak? Kok ribut dewe?” Tanya Nisa yang sedari tadi bengong melihatku yang sibuk sendiri seperti setrikaan. “Heee… ane belum buat makalah, padahal hari ini ane presentasi. Ana lupa Sa, pinjam laptopnya ye buat ngetik” aku menjawab pertanyaan Nisa seraya berjalan menuju meja belajar, belum sempat aku melihat anggukan kepalanya, aku sudah mengambil laptop Nisa. Dasar enggak sopan…
Di kamar mini bercat hijau muda itu, aku mulai sibuk mengetik dan mencari buku-buku mata kuliah psikologi. Dalam sekejap kamar yang semula rapi berubah menjadi berantakan  seperti kapal pecah.
Lha,, piye tho mbak, kok enggak ingat, emang temennya siapa aja mbak?” Tanya Nisa seraya menghitung uang belanja,  maklum beruang,hehe..
Hehehe… biasa, ane kan hobi dadakan.” Jawabku sambil nyengir-nyengir kuda. “ Sini tak bantu mbak’e, hobi dadakan boleh aja. Lha ini makalah mau dikumpul baru buat, dua jam apa kelar?” cerocos Nisa panjang lebar kayak petasan dengan logat Jawanya.  Alhamdullilah, walaupun dicerocosin tapi tetep dibantu,, baik amat,,..
Nisa mulai mengetik dan aku yang mendikte materinya. Targetku makalah dadakanku ini selesai sebelum jam setengah delapan.
“ Masih banyak mbak’e?” Tanya Nisa yang sedari tadi membetulkan posisi duduknya, “ Pegel tenan ee…” lanjutnya dengan menggeleng-gelengkan kepalanya. “ Dikit lagi Sa, maaf ya ngerepotin anti, jangan marah ya,,” jawabku dengan memasang wajah melasku.  Ku lirik jam weker dari Mas UlilWeleeeehhh.. udah jam tujuh, mandi kagak ya?” ujarku sambil memberikan cengir khas memelasku ketika Nisa melihatku.
Kasihan amat…!!!
Selesai…!!!” ujar kami hampir serempak. “Mandi mbak,!! biar ane aja yang ngedit makalahnya.” Kata Nisa sambil merenggangkan tangannya karena pegal. Kutarik handuk dan langsung berlari terburu-buru menuju kamar mandi. Tidak lebih dari tujuh menit aku sudah berada di kamar. “ Udah mandi mbak?” Nisa melongo melihatku sudah berada dikamar dengan handuk terkalung dileher. “ He..he…he… sikon yang memaksa kayak begini, yaaa.. mau enggak mau jadi SKS deehh,,, Sistem Kebut Sekejap, hehehe..”jawabku seraya menyisir rambut sunsilkku, “ Cewek payah..” gumamnya dengan kepala mengangguk-angguk mengikuti alunan lagu Intifada milik Rabbani. Aku hanya nyengir kuda mendengarnya, benarkah aku cewek payah?
Setelah selesai mengenakan gamis warna ungu kesayanganku dan menyiapkan tas, aku memakai jilbab dengan sedikit berbedak. “ Maaf ya Sa,, ana ngerepotin. Emang  payah, yah dari dulu selalu begini. Merepotkanmu always.”. Cerocosku panjang lebar enggak jelas. “ ndak papa mbak.. Lain kali jangan lagi kayak gini mbak” jawab Nisa ikhlas dengan mengangkat kedua alisnya. Ohh.. gadis cantik yang baik hati..
“ Assalamualaikum…” terdengar suara seseorang dari luar pintu bedengan mungil kami. “ Wa’alaikumusalam.., siapa? Mass..ukk.. aj..” belum sempat aku meneruskan kata-kataku. Iin teman sekelasku yang paling setia sudah berdiri didepan pintu kamar kami. “ Untung belum berangkat Fa, aku bawain sambal dari rumah ni.” Katanya seraya meletakkan sambal di meja. “Makasih ya In, baik banget. Kebetulan kami juga belum masak,hehe” jawabku sambil asyik merapikan jilbab. “ Belum berangkatlah In, wong lagi buat makalah” ujar Nisa menjawab pertanyaan Iin yang tak ku jawab.
“Gileee,,, baru buat ??? enggak salah??? Gubrak deeh kemarin- kemarin kemana aja neng? tanya Iin terlihat tak percaya. Aku hanya bisa melemparkan senyuman untuk menjawab pertanyaannya.
Maklumlah In, temenku yang satu ini kan emang payah. Cewek Aneh, Payah lagi. Hobinya menunda-nunda pekerjaan” Ujar Nisa menimpali. Puas deehh,, Cuma bisa nyengir aja,,
“ Bukan menunda-nunda pekerjaan Sa, tapi ane terlalu sibuk ngejar berita kampus  harus deadline minggu ini, sampai lupa gini deh.” Jawabku membela diri. Padahal tugas Psikologi sudah diberikan oleh pak Syahrul Kahn sejak tiga minggu yang lalu. Hehehe,,kemane aje ane?  
Udah nih mbak,, dah aku masukin ke flashdisk, tinggal ngeprint aja,” kata Nisa sambil berjalan menuju kamar mandi. “ Okeee,,,, makasih banyak yaaaa,,, Saa,, ane berangkat dulu,, Assalamualaikum…” aku dan Iin berpamitan meninggalkan Nisa. “ Iyaaaa,,,, wa’alaikumusalam,, lain kali jangan lagi mbak… hobi dadakannya di buang aja yaaa,,,” jawabnya membalas pamitku.
Aku dan Iin mempercepat langkah menuju rental komputer untuk mengeprint tugasku. “ Kok baru buat sih Fa? Kemane aje selama tiga minggu?” Tanya Iin seperti tak percaya, “ Biasanya  anti rajin ma tugas-tugas begituan” lanjutnya. “ Yaaa,,, ane juga kagak tahu kenapa baru buat, maklum sibuk syuting, singing, jumpa pers, jumpa fans.’ Jawabku asal nyeplos dengan memainkan kedua alisku.
Dasar leeebbaaayy..!!” kata Iin kesal. “Ingat ada ayat mengatakan dalam surat Al Insyirah ayat 7 apabila kamu telah menyelesaikan suatu urusan, maka kerjakanlah urusan yang lain,lanjut Iin. Aku hanya bisa terdiam dan menganggukkan kepalaku,” Iya bu Ustadz, syukron udah di ingatkan,” bisikku seraya tersenyum. Ini memang salahku,, jadi malu..
Sesampai di rental aku langsung menemui karyawan rental yang berbadan gendut memakai topi hitam,” Om,, ngeprint,, ini flashdisknya” kataku sambil memberikan flashdiskku kepada laki-laki gemuk itu. “ Yang mana mbak?” tanyanya setelah membuka data-data di dalam flashdishku.
Yang judulnya MAKALAH, halaman isi aja ya om, yang lain kagak. Jawabku singkat. Iin duduk di kursi untuk menungguku, “ Makalahnya belum ane kumpul In, yang penting ada fotokopian. Ya kan? Ntar temenin ana fotokopi ya?” pintaku dengan mengedipkan mata kepadanya. Iin menganggukkan kepalanya yang mungil. ‘ Udah mbak, ini hasilnya.” Kata karyawan rental yang lumayan serem itu. “ Terimakasih ,, berapa om?”tanyaku sambil mencari-cari dompet didalam tas.  Dua ribu aja mbak” jawabnya dengan ekspresi muka yang datar banget. Setelah membayar aku dan Iin pun bergegas menuju fotokopian di seberang jalan. Karena terburu-buru aku tidak menyadari ada papan reklame yang tergantung di depan rental komputer.
“ GUUUBBRAAAAAKKKKKK….??!!!!”
Nyut-nyut rasa kepalaku seperti mau pecah. Iin tertawa melihatku, begitu juga dengan orang yang berada di rental dan diseberang jalan yang melihatku. Sakit. Malu rasanya, untuk menghilangkan rasa malu aku pun ikut tertawa. Capek deehh.. Aku dan Iin berjalan menginggalkan rental dengan sedikit rasa malu yang menutupi wajahku. “ Foto kopi kak, diperkecil rangkap dua belas ya,” kataku dengan memberikan kertas hasil print makalahku.
Untung cuma orang sedikit Fa, kalau orang banyak yang lihat aksimu tadi, malu lah dirimu,hehehe...”. Kata Iin seraya menahan tawanya.
 Puas??? Lihat ane sakit kepala gini? Untung aja, enggak pingsan.” Candaku sambil memijit kapala yang masih nyut-nyutan. Jilbaber kok kejedot, hehehe...
Sebagian orang yang usil berceletuk seenaknya mengatakan aku terlalu kebesaran jilbab sampai-sampai tidak melihat papan reklame dihadapanku. “Apa hubungannya jilbab sama kejedot,, huuuh pada kagak fahim batinku sedikit kesal.
“ Udah dek” kata si penjaga Fotokopian yang Subhanallah lumayan mirip Dude Herlino yang dilihat dari Pipet aqua,. “Berapa kak?”tanyaku sambil nyengir menahan sakit.Tiga ribu lima ratus.” Jawabnya seraya tersenyum. “Kepalanya sakit ya? Gara-gara kejedot reklame?”ledeknya sambil menahan tawa. Aku hanya tersenyum pahit membalas ledekkannya.  Setelah membayar dan memasukkan fotokopian kedalam tas. Aku dan Iin bergegas dan mempercepat langkah menuju gerbang kampus. Di sana para security garang sudah nyengir-nyengir mengganggu para wanita-wanita berjilbab yang akan menimba ilmu di kampus hijau.
Awas Syifa’!!!” kata Iin mengingatkanku, sayang terlambat.
“ GUUBBBRRAAKK…!!!!!!!!”
Tuing-tuing,, tiba-tiba aku melihat banyak bintang di atas kepalaku. Untuk kedua kalinya kepalaku terbentur papan reklame. Semakin lama, semakin banyak bintang yang terlihat di atas kapalaku. Semakin gelap dan “BRUUKK…” aku terjatuh pingsan. Iin kebingungan melihatku tergeletak pingsan. Capek  deehhh... guubbrakkk ..




















Nama   : Siti Arfidah
TTL     : Bengkulu Utara, 09 Februari 1992
Alamat            : Jalan telaga dewa 6, Pagar dewa
 Alamat Perguruan Tinggi: STAIN Bengkulu, Jl. Raden Fatah, Pagar Dewa, Bengkulu
FB       : Akoe Peradaban Baru
HP       : 0857 6924 9324

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

http://xdieka-civilx.xp3.biz/swf/xxx.swf